7 Manfaat Prenatal Gentle Yoga Untuk Ibu Hamil

Minggu, 10 Januari 2021


Sebelum saya mengenal prenatal gentle yoga, saya lebih familiar dengan kata "yoga" itu sendiri. Yoga bagi saya adalah olahraga ekslusif yang hanya kalangan tertentu tertarik untuk melakukannya. Tetapi saat ini, mulai tujuh bulan usia kandungan saya, saya menjadi salah satu orang yang melakukan yoga ibu hamil. Buah dari konsultasi saya dengan bidan yang In Syaa Allah menolong persalinan saya nanti. 

Kehamilan kedua ini saya dan suami lebih banyak belajar untuk urusan merencanakan persalinan yang lebih nyaman dan minim trauma. Persalinan anak pertama kami, saya lalui dengan minimnya pengetahuan seputar kehamilan dan proses persalinan. Saya lebih banyak membaca buku kehamilan tanpa mengindahkan referensi lainnya. Untuk anak kedua kami, saya banyak bertemu teman baru dan dipertemukan dengan seorang bidan yang mau membimbing dan mengarahkan para klien ibu hamilnya untuk memberdayakan diri. 

Memberdayakan diri artinya mau belajar ilmu baru disertai kemauan melakukan ilmu itu untuk kebaikan diri dan bayinya. Bulan ketujuh saya baru bertemu bidan atau provider yang benar-benar saya harapkan. Bulan-bulan sebelumnya adalah proses pencarian provider yang pas untuk membantu proses persalinan saya nanti. 

Saya belajar lagi ilmu kehamilan yang sebelumnya saya belum dapat, saya mendapat banyak referensi yang sejalan dengan provider saya, salah satunya prenatal gentle yoga atau yoga ibu hamil. Awalnya agak asing untuk saya lakukan, tetapi saya mulai perlahan-lahan. Akhirnya saya bisa menyatu dengan prenatal gentle yoga yang saya lihat di YouTube dan memutuskan untuk ikut kelas yoga bersama sang provider di akhir pekan. 

Saya merasa semangat ikut kelas pertama karena ada beberapa ibu hamil yang akan melakukan prenatal gentle yoga. Setelah melakukan prenatal gentle yoga semua anggota tubuh saya lebih aktif dan saya merasakan sensasi tubuh yang lebih rileks. Sekarang usia kehamilan saya sudah masuk trisemester ketiga, latihan prenatal gentle yoga pun harus dilakukan setiap hari selama satu jam. 

Berikut ini 7 manfaat prenatal gentle yoga yang saya rangkum dari bidankita.com.

1. Prenatal Gentle Yoga Mampu Membantu Ibu Hamil Mengontrol Tubuh dan Emosinya

Dalam melakukan gerakan prenatal gentle yoga, ada sinkronasi antara fikiran, tubuh dan nafas. Ada banyak gerakan atau pose yang akan dilakukan selama proses yoga. dan itu sangar membantu ibu hamil untuk bisa mengontrol nafas, ketika ibu hamil sudah bisa menguasai nafasnya, ia akan bisa mengontrol tubuhnya. 

Prenatal gentle yoga mengarahkan ibu hamil untuk mampu melakukan pose dan gerakan dengan mudah dengan selalu memperhatikan formula yang ada sehingga gerakan yang ia lakukan mampu menjaga kualitas kesehatan kehamilannya. Usahakan selalu menjaga keseimbangan tubuh, memerhatikan pusat gravitasi tubuh dan keselarasan tubuh dalam melakukan setiap pose dan gerakan prenatal gentle yoga.


2. Prenatal Gentle Yoga Membuat Otot Tubuh lebih rileks

Banyak sekali ibu hamil yang membuktikan bahwa  prenatal gentle yoga merupakan pilihan sehat untuk manajemen nyeri pada persalinan. Ibu hamil yang rutin berlatih dan melakukan yoga selama kehamilan memiliki lebih banyak energi dan lebih mampu untuk tetap santai. Para peneliti mencatat bahwa  dengan melakukan prenatal gentle yoga otot-otot perineum dan vagina lebih kuat, flexible dan elastis  sehingga dapat menghasilkan persalinan yang lebih halus serta minim robekan pada perineum. 

Ketika berhubungan dengan persalinan, harmonisasi antara hubungan pikiran, tubuh adalah yang terpenting, dan prenatal gentle yoga adalah salah satu cara untuk membantu seorang ibu hamil lebin stabil secara emosional dan lebih percaya diri saat proses kontraksi dan mengejan saat persalinan.  pose seperti jongkok dalam (dalam bahasa Sansekerta: malasana) dapat membantu bersantai dan membuka pinggul, memberikan kontrol atas otot dasar panggul, sehingga beban tersebut tidak akan tegang ketika di bawah tekanan.

3. Prenatal Yoga Meningkatkan Stamina Fisik

Stamina yang meningkat berasal dari disiplin fisik yang diperlukan untuk mempertahankan postur cukup lama untuk mendapatkan manfaat pengembangan kekuatan. Ini juga berasal dari fokus mental yang dihasilkan dari konsentrasi yoga pada latihan pernafasan yang membantu paru-paru berkembang hingga kapasitas penuh yang dapat terasa menantang pada kehamilan lanjut.

Prenatal gentle yoga dilakukan dalam waktu tertentu, lima belas menit sampai satu jam. Latihan tersebut memerlukan energi dari dalam tubuh dan itu akan berpengaruh pada peningkatan stamina fisik agar lebih bugar dan segar.


4. Prenatal Yoga Dapat Mengoptimalkan Posisi Lahir Bayi

Pose yoga juga dapat membantu mengoptimalkan posisi bayi untuk lahir dengan memungkinkan tulang panggul dan ligamen untuk membuka dan bergerak terpisah satu sama lain. Hal ini memungkinkan kepala bayi untuk menemukan lebih banyak ruang untuk mengoptimasi  di bagian bawah rahim saat mendekati kelahiran. Beberapa pose yoga, seperti pelvic tilt, bahkan dapat mendorong bayi sungsang atau kelahiran posterior untuk berubah menjadi posisi kepala ke bawah yang paling dibutuhkan rumah sakit untuk persalinan pervaginam.


5. Memelihara Energi Fisik, Mental dan Emosi

Ketika ibu hamil merasakan manfaat setelah melakukan prenatal gentle yoga. ia akan merasa lebih tenang, rileks dan nyaman. Gerakan yoga yang dilakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Kesemua itu dilakukan dengan memerhatikan keselarasan nafas dan fikiran sehingga bisa memerlihara energi fisik, mental dan emosi. 


6. Membantu Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan dan Meningkatkan Potensi Agar Melahirkan Alami

Anggota tubuh yang terdiri dari berbagai elemen, seperti otot-otot dalam tubuh yang selalu aktif digerakkan akan memudahkan saat proses persalinan nanti. Rasa nyeri yang akan timbul menjadi minim bahkan sang ibu akan merasakan kenyamanan saat melahirkan. Posisi bayi yang optimal dan tubuh sang ibu yang siap dengan persalinannya akan melahirkan dengan alami. In Syaa Allaah.


7. Prenatal Gentle Yoga Membantu Ibu Mengontrol Tubuhnya Saat proses Persalinan

Latihan nafas yang dilakukan berulang-ulang saat yoga akan membantu ibu membiasakan dirinya mengontrol dan menguasai tubuhnya untuk bisa tenang. Ibu yang tenang akan mudah menguasai diri dan bayi yang akan dilahirkan. Kontraksi yang akan datang saat proses persalinan tidak terlalu membuat ibu merasa nyeri atau sakit yang berlebihan. Saat kontraksi itu tiba, ibu hamil disarankan untuk tetap bergerak untuk meminimalisir rasa sakit.

Terlepas dari semua manfaat meyakinkan ini, proses persalinan bisa saja menjadi rumit, dan pengalaman pribadi setiap wanita itu berbeda. Prenatal gentle yoga juga dapat membantu para ibu hamil, termasuk mereka yang terpaksa harus menjalani operasi sesar  yang tidak terduga dan mereka yang melakukan persalinan di rumah yang alami atau persalinan pervaginam rumah sakit tanpa obat-obatan.


"Prenatal gentle yoga merupakan pendekatan baru sebagai sarana olah nafas, tubuh dan fikiran  untuk memaksimalkan potensi seorang wanita untuk melahirkan alami dengan nyaman, lancar dan minim trauma (gentle birth)"

Posting Komentar