Review Jasa Memandikan Bayi Baru Lahir

Sabtu, 27 Februari 2021



Kehadiran buah hati di dalam keluarga pasti membawa kebahagian tersendiri bagi ibu dan ayah. Anak pertama atau anak setelah itu pasti rasa bahagia itu akan mereka rasakan. Tapi bagaimana jika ibu dan ayah ini belum ada pengalaman atau membutuhkan orang untuk memandikan bayi mereka? Biasanya nenek si bayi yang baru lahir kalau bisa memandikan, ia akan memandikan sendiri cucu kesayangannya itu. Tapi kalau tidak bisa, orang tua si bayi memanggil orang, memakai jasanya untuk memandikan bayi baru lahir. Kalau orang yang tidak terbiasa dengan bayi baru lahir maka akan merasa was-was saat memegang bayi apalagi saat memandikannya, perlu keterampilan khusus. Sebetulnya mudah asalkan sudah terbiasa, jika sudah terbiasa maka akan mudah untuk memegang bayi.
Hal ini saya alami, ibu saya dan suami tidak ada yang bisa memandikan bayi baru lahir. Saat saya lahir dulu pun, ibu saya memakai jasa orang lain untuk memandikan saya. Saat saya hamil anak pertama, suami mencari orang dekat rumah yang bisa memandikan bayi. Tahun 2017 lalu, memandikan bayi pagi dan sore, tarif yang dikenakan enam puluh ribu rupiah perhari, tarif yang menurut saya mahal. Saat itu hanya lima hari saya menggunakan jasanya, lima hari setelah puput tali pusat.

Kemudian saya mencari orang lain yang tidak hanya sekedar memandikan bayi, tapi juga membantu pekerjaan rumah, alhamdulillaah ketemu. Tarifnya tentu tidak dihitung harian, tapi ibu yang bantu hanya sampai selapan (empat puluh hari). 

Lahir anak kedua, saya juga menggunakan jasa orang untuk memandikan si baby. Sejak hamil saya booking orang yang dimaksud. Saya berniat untuk memakai jasa beliau selama satu bulan, tapi setelah pertimbangan tarif memandikan selama satu bulan terbilang lumayan merogoh kocek, saya memutuskan untuk memakai jasa beliau selama dua pekan. Saya pilih dua pekan sambil menunggu proses pemulihan tubuh pasca melahirkan. Setelah dua pekan, yang memandikan adek bayi adalah saya sendiri. Saat adek dimandikan terapis, saya melihat caranya dan meminta untuk diajarkan memandikan bayi. Sekarang saya sudah bisa memandikan baby sendiri.

Sebelumnya, saya sangat senang akhirnya adek bisa dimandikan terapis yang dimaksud karena beliau cukup dikenal dikalangan para ibu. Beliau membuka jasa baby care sendiri di rumahnya dan cukup aktif di media sosial. Beliau beralamat berbeda desa, kira-kira perjalanan ditempuh sekitar sepuluh menit menggunakan motor. Tapi sangat disayangkan karena jadwal mandi adek sering tidak sesuai jadwal. Jadwal mandi pagi sekitar jam setengah tujuh sampai jam tujuh, tetapi beliau kadang datang lebih dari jam itu. Memang di awal beliau pernah bilang kalau paling lama datang sampai jam setengah delapan. Mandi sore dijadwalkan jam tiga sampai jam setengah empat sore, tetapi terkadang saya tidak hitung berapa kali, beliau datang hampir jam empat sore. Saya jadi agak kerepotan mengatur jadwal mandi adek, karena air panas yang sudah dipersiapkan beberapa kali menjadi dingin, akhirnya airnya pun harus dimasak kembali.

Karena hanya dua pekan, saya tidak terlalu banyak menuntut. Setelah dua pekan berlalu, saya merasa lega karena saya bisa mengatur sendiri jadwal mandi adek. Saran saya untuk para ibu yang ingin memakai jasa memandikan bayi, sebaiknya diberitahukan jadwal yang pasti selama kedatangan memandikan bayi. Jadwal mandi sangat berpengaruh dengan jadwal kegiatan lain di rumah. 

Berikut tarif yang dipasang sang terapis untuk memandikan bayi baru lahir:

Memandikan pagi dan sore Rp. 60.000

Usia 0 sampai lepas tali pusar Rp. 350.000

Memandikan satu pekan Rp. 400.000

Paket bulanan (30 hari) Rp. 1.500.000

Paket selapan (36 hari) Rp. 1.800.000

Alhamdulillaah, adek hanya dua pekan dimandikan terapis, karena kalau sampai sebulan dengan jadwal yang tidak teratur, kegiatan lain di rumah e54weqdwrrrrrrrrr murat marit. Hehehe. 

Posting Komentar